Hmmm, terinspirasi dari 3 tipe karakter orang yang jauh berbeda,, namun ternyata ada kesamaan didalamnya....
Bener gak sih kalo ada sekelompok orang yang hobinya mengumbar identitas dirinya guna mendapatkan teman sebanyak-banyaknya sampai kepada hal bersifat privasi diberikan pula guna meng-GRAB teman sebanyak-banyaknya.....
Ternyata ada loh orang yang seperti itu.... biasanya kaum adam dan hawa saat sedang mencari jatidiri dan ingin sekali memiliki banyak teman tanpa memikirkan efek positif dan negatifnya, mereka fun sekali dengan terobosan-terobosan teknologi yang bermunculan..... Mereka mungkin cukup fun jika dapat terlihat Exist di komunitasnya bahkan sampai kepada Social Networking, Chat Engine yang belakangan marak di dunia maya saat ini....
FB, YM, Tagged, Friendster, MSN, AIM, dll mungkin sudah gak asing lagi ditelinga kita... kita pun menggunakan fasilitas itu juga bukan???
Namun coba kita telaah kehadiran paket-paket internet dengan kuota unlimited??? paket tersebut membuat suatu golongan akan merasa lebih nyaman dan lebih mewakili akan kebutuhannya di dunia maya tersebut... hingga dalam situasi apapun akan terlihat mungkin sedikit risih kali yaah bila dalam aktifitas apapun kita harus meladeni teman-teman yang ingin ngobrol dengan kita????
Apakah anda merasa demikian??? jika iya andalah yang berada dalam golongan di atas....
Namun jika tidak andalah golongan manusia seperti di bawah ini......
Bertolak belakang dengan golongan di atas, mungkin golongan ini yang terkesan ansos (anti sosial) dan terkesan eksklusif atau private.... mereka cenderung menggunakan teknolgi disaat-saat tertentu saja dan bahkan wadah berupa social networking-nya saja akan private dan hanya ada teman-teman dekatnya saja.... sebenarnya mereka tidak anti sosial loh akan tetapi mereka cuma professional saja dengan waktu-waktu yang telah mereka plotting....
Naaaaah, ada satu lagi niiih yakni sebenernya golongan ini merupakan golongan gabungan dari kedua karakter di atas.... disatu sisi mereka merasa private namun disisi lain mereka senang sekali untuk tetap exist di dalam komunitasnya samapai-sampai waktu tidurnya pun akan terasa tidak nyaman layaknya golongan pertama yang sangat stand by untuk meladeni teman-teman lama maupun teman-teman barunya......
Hmmm, tidak ada yang salah sih dari ketiga golongan di atas... yang jelas golongan-golongan itu terbentuk dengan sendirinya sesuai dengan kepribadian masing-masing.. tinggal cara kita aja melihat dari sudut pandang apa untuk mendeskripsikan ketiga karakter di atas.....
So,,, Are you different???
Cheeeeeerssssssss..... :)
Karakterku, Karaktermu dan Karakter Mereka
Labels: Lifestyle
Seberapa Penting Segmentasi???
Salam Marketing...
Sebelum gw menulis tentang artikel kecil ini... gw pengen coba tanya kepada rekan-rekan.... Berapa sih gaji yang kalian dapatkan 5 tahun lalu? 3 tahun lalu? dan saat ini? mungkin rekan-rekan akan tercengang melihat perkembangan yang terjadi didiri rekan-rekan tanpa kalian sadari....
Sekarang izinkan gw untuk tanya kembali kepada rekan-rekan sekalian,,, Apa sih kendaraan utama kalian ketika 5 tahun lalu? 3 tahun lalu? dan saat ini? sekalian juga gw mau tanya,,, Jenis baju apa sih yang kalian pakai ketika 5 tahun lalu? 3 tahun lalu? dan saat ini? jangan berhenti membaca artikel kecil ini!!! karena dengan jawaban kalian lah artikel kecil ini akan dimulai...
Jawaban variatif yang sudah kalian jawab tersebutlah yang merupakan inti dari pembedahan (jiaelaaaah pembedahan) artikel ini. Keanekaragaman dan begitu dinamisnya kebutuhan kalian tersebut lah yang merupakan perlunya pembelajaran akan segmentasi...
Selaku marketer dan selaku produsen sebuah produk dan jasa pembelajaran akan segmentasi ini akan sangat berguna sekali,, kenapa tidak??? dengan mengerucutnya (segmented) sasaran yang kita bidik, akan semakin mudah pula kita memahami perilaku, kebiasaan, tingkat konsumsi, pengambilan keputusan, dan banyak kebiasaan lainnya.
Perkembangan diri seseorang juga menentukan tingkat kebutuhannya pula... dengan itu tidak lah rugi bila kita mempelajari secara gamblang masalah segmentasi ini.
Ada 3 poin utama yang perlu kita ketahui dalam membedah segmentasi ini, yakni :
1. Demografi
2. Geografi
3. Psikografi
Ketiga poin di atas mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.... namun begitu dinamisnya segmentasi tidaklah cukup dengan tiga poin di atas,,, bahkan saat ini juga sudah masuk elemen psikodemografi & psikogeografi.
Namun pada hakikatnya,, janganlah cepat puas dalam membedah sebuah segmentasi pasar sasaran anda..... pastikan sempitnya sasaran anda untuk dapat meng-GOAL-kan rencana atau tujuan pemasaran anda......
Walalupun artikel ini tidak begitu tajam namun saya berharap rekan-rekan akan tergugah untuk membedah SEGMENTASI yang merupakan satu elemen dari strategi pemasaran anda sebelum menentukan TARGETING dan POSITIONING.
Cheersss :)
Labels: Marketing , positioning , Segmentasi , STP , Targeting