Seberapa Penting Segmentasi???


Salam Marketing...

Sebelum gw menulis tentang artikel kecil ini... gw pengen coba tanya kepada rekan-rekan.... Berapa sih gaji yang kalian dapatkan 5 tahun lalu? 3 tahun lalu? dan saat ini? mungkin rekan-rekan akan tercengang melihat perkembangan yang terjadi didiri rekan-rekan tanpa kalian sadari....

Sekarang izinkan gw untuk tanya kembali kepada rekan-rekan sekalian,,, Apa sih kendaraan utama kalian ketika 5 tahun lalu? 3 tahun lalu? dan saat ini? sekalian juga gw mau tanya,,, Jenis baju apa sih yang kalian pakai ketika 5 tahun lalu? 3 tahun lalu? dan saat ini? jangan berhenti membaca artikel kecil ini!!! karena dengan jawaban kalian lah artikel kecil ini akan dimulai...

Jawaban variatif yang sudah kalian jawab tersebutlah yang merupakan inti dari pembedahan (jiaelaaaah pembedahan) artikel ini. Keanekaragaman dan begitu dinamisnya kebutuhan kalian tersebut lah yang merupakan perlunya pembelajaran akan segmentasi...

Selaku marketer dan selaku produsen sebuah produk dan jasa pembelajaran akan segmentasi ini akan sangat berguna sekali,, kenapa tidak??? dengan mengerucutnya (segmented) sasaran yang kita bidik, akan semakin mudah pula kita memahami perilaku, kebiasaan, tingkat konsumsi, pengambilan keputusan, dan banyak kebiasaan lainnya.

Perkembangan diri seseorang juga menentukan tingkat kebutuhannya pula... dengan itu tidak lah rugi bila kita mempelajari secara gamblang masalah segmentasi ini.

Ada 3 poin utama yang perlu kita ketahui dalam membedah segmentasi ini, yakni :

1. Demografi
2. Geografi
3. Psikografi

Ketiga poin di atas mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.... namun begitu dinamisnya segmentasi tidaklah cukup dengan tiga poin di atas,,, bahkan saat ini juga sudah masuk elemen psikodemografi & psikogeografi.

Namun pada hakikatnya,, janganlah cepat puas dalam membedah sebuah segmentasi pasar sasaran anda..... pastikan sempitnya sasaran anda untuk dapat meng-GOAL-kan rencana atau tujuan pemasaran anda......

Walalupun artikel ini tidak begitu tajam namun saya berharap rekan-rekan akan tergugah untuk membedah SEGMENTASI yang merupakan satu elemen dari strategi pemasaran anda sebelum menentukan TARGETING dan POSITIONING.

Cheersss :)

0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
23 to 24 | m | jkt | in a relationship with my lovely WSRG | suka ketawa | kadang suka sensi | big passion of IMC