Cara Mudah ber-Positioning

Dalam dunia pemasaran, pembahasan tentang positioning mungkin sudah banyak para praktisi pemasaran pun mungkin telah banyak membuat artikel atau buku tentang teori-teori positioning.

Namun disini gw mau coba sedikit berbagi cara mudah ber-positioning, ada beberapa unsur yang perlu disiapkan ketika kita ingin meng-create sesuatu, even itu produk maupun jasa keduanya perlu memiliki identitas yang jelas akan posisi apa yang telah ditetapkan akan "dirinya". Sebenarnya menetapkan positioning bukan merupakan hal yang sulit namun butuh analisa pasar yang kuat sebelum kita menentukan posisi.

Coba bedakan 3 positioning dibawah ini :

  1. A Mild - Ringan - How long can you go
  2. Star Mild - Ringan Juga - Lower than low
  3. Mezzo - Ringan juga - ZZooo Mild
Apakah berhasil ketiga positioning tersebut??? coba kita review bersama,,,

Penjualan A Mild tidak perlu kita ragukan lagi tentunya. So, bagaimana dengan si "lower than low ini?" ternyata saat star mild mengasung posisi itu penjualannya berhasil meningkat.. ternyata bukan posisi nya saja yang diterima oleh konsumen, namun saat itu konsumen telah pintar dan sadar akan pentingnya kesehatan, kenapa?? karena Kadar Tar dan Nicotine yang ditawarkan oleh Star Mild benar-benar paling kecil dibandingkan dengan jenis rokok mild lainnya.

Ada kecenderungan posisi dapat berhasil dengan didukung oleh brand attribute yang diberikan oleh produk atau jasa itu sendiri. Namun apakah begitu kenyataannya??? jika dilihat dari keberhasilan Star Mild tentu brand attribute menjadi faktor yang sejalan dengan positioning statement yang diasung oleh Star Mild yakni lebih rendah dari yang lain.

Mezzo hadir dengan "ZZoo Mild" yang langsung berani "HEAD ON" dengan sang maestro A Mild... terjadi juga dengan Bintangin : "mau minum obat kok harus PINTAR!" yang langsung berani juga "HEAD ON" dengan Sang Maestro Tolak Angin. apa yang terjadi??? keduanya hilang ditelan bumi dan Sang Maestro tetap berada di puncak klasemen.

Apa sih faktor yang berpengaruh pada kasus di atas???

"ZZoo Mild" yang menggunakan attribute dari A Mild secara tidak langsung melakukan kampanye bunuh diri atau istilah gw sih "Harakiri Campaign" kenapa??? jelas Persepsi orang akan Mild yaa A Mild... kalo ada Mild Lain yaaah Boongan berarti... seberapaun Biaya yang dikeluarkan Mezzo... Itulah realita "head on" dengan Market Leader dengan menggunakan attribute yang sama. Sama halnya dengan Bintangin dengan menggunakan "PINTAR" dalam campaign-nya, bagaimanapun "PINTAR" milik tolak angin.... Budget unlimited pun yang dikeluarkan Bintangin rasanya malah akan semakin menguntungkan Tolak Angin.... malah ada persepsi negatif yang timbul pada konsumen tentang Bintangin

"Gw sih mending Tolak Angin Deh Pintar,,, Emang Gw Bego minum Bintangin???"


Itulah positioning... perlu pembelajaran yang mendalam akan "Marketing Situation Analysis"

Akhir cerita... A Mild semakin bahagia dengan "Other Can Only Follow" dan Tolak Angin semakin mantap dengan "Orang Pintar"

Anyway ini beberapa tips untuk mudah ber-positioning :
  1. Kenali betul pasar akan produk atau jasa anda (competitor, persaingan, konsumen),
  2. DILARANG KERAS menggunakan atribut pesaing,
  3. Standard siih,, coba cari dari USP produk atau jasa anda (bententangan boleh kok)*
* gw produsen rokok mild yang High Nicotine & Tar gw tinggal bilang "Siap dengan yang lebih?" in english "Ready With a More?" ingat perokok sangat suka dengan tantangan.....

Jadi deeeh....

Untuk memonitor itu.. cobalah tanya diri anda sendiri dengan pola pikir dan asumsi konsumen... sudah layakkah?? coba tanya sekitar anda.. apa yang lo tangkep?? jika sudah terjawab.. anda sendiripun akan tau jawabannya sudah layak kaah atau belum.....

Gud Luck Brooo :)

0 comments:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
23 to 24 | m | jkt | in a relationship with my lovely WSRG | suka ketawa | kadang suka sensi | big passion of IMC